Seputar Direktorat dan Balai

Pelatihan SIMONEV Tahun 2012

Administrator | Senin, 27 Mei 2013 - 10:54:24 WIB | dibaca: 272 pembaca

Guna lebih memantapkan pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan tanaman pangan, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan  menggelar  Pelatihan dan Sosialisasi Aplikasi Simonev Tahun 2012 di Palembang,  11-13 April.
Pelatihan  tersebut dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Ir. Spudnik Sujono K, MM mewakili Direktur Jenderal Tanaman Pangan. Pelatihan  diikuti   110 peserta,  terdiri dari pejabat/pengelola Simonev pada Dinas Pertanian Provinsi yang membidangi tanaman pangan, Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Selatan dan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan.
Kegiatan ini juga melibatkan peserta dari 6 Dinas Pertanian Kabupaten/Kota dari Provinsi Papua, 3 Dinas Pertanian Kabupaten/Kota dari Provinsi Papua Barat, dan perwakilan dari  unit kerja Eselon II dan UPT Pusat lingkup Direktorat Jenderal Tanaman Pangan. Dari 110 peserta sebanyak 59 orang (54%) adalah petugas Simonev yang baru, sedangkan  51 orang (46%) merupakan petugas lama.

Matri utama pertemuan  meliputi  pembahasan sasaran strategis dan indikator utama program dan kegiatan pembangunan tanaman pangan, penjelasan uraian kegiatan dan output kegiatan, penjelasan tentang Sistem Akuntansi Keuangan Tanaman Pangan, dan penjelasan evaluasi pelaksanaan Simonev, serta workshop Aplikasi Simonev yang dipandu oleh narasumber dari Pusat Data dan Informasi Pertanian (Pusdatin).

Aplikasi Simonev 2012 merupakan teknologi komputerisasi untuk pemantauan, evaluasi dan pelaporan program dan kegiatan pembangunan pertanian yang dibiayai APBN secara berjenjang mulai dari Satker Kabupaten/Kota, Satker Provinsi hingga ke Pusat (Ditjen Tanaman Pangan dan Kementerian Pertanian) dalam bentuk online dan telah terintegrasi dengan aplikasi RKA-KL dan SAI. Teknologi Simonev ini merupakan implementasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan, Peraturan Menteri Pertanian Nomor 31 Tahun 2010 tentang Pedoman Sistem Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan Pembangunan Pertanian dan  Peraturan Menteri Keuangan Nomor 249 Tahun 2011 tentang Pengukuran dan Evaluasi Kinerja atas Pelaksanaan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga. Pelatihan ini diharapkan  meningkatkan pemahaman para petugas pengelola pelaporan dalam mengaplikasikan software Simonev 2012.  Demikian juga penyampaian  laporan bulanan, triwulanan dan akhir tahun secara berkala diharapkan lebih berkualitas, lebih lancar dan  tepat waktu

Peserta yang telah mengikuti pelatihan/sosialisasi secara nasional ini diharapkan dapat menjadi fasilitator untuk melatih petugas Simonev Satker Dinas Pertanian Kabupaten Kota di wilayah provinsi masing-masing (Aun/tpl)

Sumber : Sekretariat Direktorat Jenderal Tanaman Pangan










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)