Berita Utama

PERTEMUAN KOORDINASI DAN SINKRONISASI UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI TANAMAN PANGAN REGIONAL IV

Administrator | Senin, 27 Mei 2013 - 10:28:20 WIB | dibaca: 282 pembaca

Dalam upaya pencapaian sasaran produksi tanaman pangan tahun 2012, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan melaksanakan Pertemuan Koordinasi dan Sinkronisasi Upaya Peningkatan Produksi Tanaman Pangan Regional IV pada tanggal 20 – 22 Februari 2012 di Makassar, Sulawesi Selatan.
 
Pertemuan dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, dan dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Direktur Perlindungan Tanaman Pangan, Direktur Perbenihan, Direktur Budidaya Serealia dan Direktur Aneka Kacang dan Umbi. Peserta pertemuan terdiri dari Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten, Badan Koordinasi Penyuluh, Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura, Balai Pengawasan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura, dan stakeholders terkait.
Dalam rangka pencapaian surplus produksi padi, pelestarian swasembada jagung dan pencapaian swasembada kedelai serta peningkatan tanaman pangan lainnya maka sasaran produksi tanaman pangan nasional tahun 2012 telah ditetapkan padi sebesar 72,03 juta ton GKG, jagung sebesar 24 juta ton pipilan kering, kedelai sebesar 1,90 juta ton biji kering, kacang tanah 1,1 juta ton biji kering, kacang hijau 0,39 juta ton biji kering, ubikayu 25 juta ton umbi basah dan ubijalar sebesar 2,3 juta ton umbi basah.
 
Pada tahun 2012 Sulawesi Selatan menetapkan sasaran produksi padi sebesar 5,2 juta ton, jagung 1,8 juta ton dengan program utama overstock beras 2 juta ton berkelanjutan agar Sulawesi selatan dapat tetap berkontribusi dalam pencapaian sasaran nasional surplus beras 10 juta ton tahun 2014.
 
Pemantapan pencapaian produksi tanaman pangan tahun 2012 di fokuskan pada kegiatan pembangunan tanaman pangan di Direktorat Jenderal Tanaman Pangan melalui penerapan Pola Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT). Untuk keberhasilan pelaksanaan SL-PTT sangat ditentukan oleh koordinasi, integrasi dan sikronisasi di semua tingkatan antara dinas teknis penyedia dan penyebar teknologi serta Pemerintah Daerah serta dukungan pendanaan yang bersumber dari Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota.(sesuai Permentan No. 45/Permentan/OT.140/8/2011).










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)